Jarak tempuh Makassar Yogyakarta paling cepat, beroda ilmu


Hallo guys ada cerita dibalik Zero To Hero kali ini, postingan ini membahas seorang pria yang telah berhasil menjadi teladan di dunia pendidikan yang sedang gue jalanin ini. Kenapa memilih beliau sebagai teladan? Karena memang pantas diteladani, begitu jawaban singkat benak gue! Memang dunia dirasa kejam berjalan sendiri tanpa adanya bimbingan dari orang yang tepat di sekitar kita. Dunia kembali terarah setelah bimbingan tersebut telah datang menggeluti jiwa raga kita.

Ya, nama Beliau adalah Mukhlis. Lahir 22 Juli 1989 Makassar, Sulsel. Cita-cita pada masa TK beliau sangat ingin sekali menjadi seorang guru dan sungguh mulia cita-cita beliau walaupun pada kenyataan sekarang berucap lain yaitu menjadi seorang PUSTAKAWAN yang sudah jelas eksistensinya di dunia pendidikan. Di kantornya sekarang yang bernama Doktor Library, Bantul Yogyakarta beliau mengabdi dan menjalankan kegiatan kepustakawanannya. Jenjang pendidikan yang ditempuh beliau dan akrab di dunia twitter dengan akun @mukhlisholic ini adalah sebagai berikut :
1.TK As’adiyah
2.MI As’adiyah
3.MTS As’adiyah
4.MAN As’adiyah
5.UIN Yogyakarta Ilmu Perpustakaan S1
6.UIN / UGM Ilmu Komunikasi S2 (rencana tahun ini)

Nah segitu saja sekilas tentang biodata singkat dari bro Mukhlis seorang pengembara ilmu dari kota Makassar ini dikarenakan berhubung banyak gempuran pertanyaan-pertanyaan berikutnya dari gue pribadi kepada beliau guys hehehe *kepo*. Dalam pertanyaan-pertanyaan yang gue utarakan banyak sekali pelajaran buat semua calon pustakawan dan pustakawan agar lebih baik kedepannya kelak *amin*.

Diawali dengan sejuta pertanyaan dalam benak gue tentang mengapa sih memilih jurusan Ilmu Perpustakaan ini, pilihan pertama lagi dalam rencana studi nya ini ! Keren bukan??? So Pasti ! Karena tidak dipungkiri bila sangat banyak sekali yang sedang menempuh jalur Ilmu Perpustakaan ini bisa dibilang hanyalah sebuah “kecelakaan” nasib. Subhanallah sekali Ilmu Perpustakaan menjadi pilihan pertama dalam rencana studinya di tingkat perkuliahan ini. Ada beberapa alasan kuat yang mendasari pilihannya ini yang diantaranya adalah:
1.Sangat jarang universitas negeri ataupun swasta yang membuka jurusan ini, memungkinkan lulusan Ilmu Perpustakaan akan laku keras dalam dunia kerja.
2.Prosedur akademik tidak sesulit dengan jurusan lain semisal kedokteran dan sebagainya.
3.Dari kecil telah mencintai buku dan ingin menguasai beberapa disiplin ilmu yang telah dipelajarinya.
4.Ilmu Perpustakaan mengajarkan banyak disiplin ilmu, semisal TI, Bahasa, Agama, dsb.

Bro Mukhlis ini selalu beranggapan positif dengan apa yang dipilih dan sedang dijalani. Segala hal yang selalu dianggap negatif tidak akan membantumu berkembang dalam segala hal juga (tambahan dari gue). Oke guys berpikirlah positif dalam pikiran dan bathin akan membuatmu tenang menjalani hidup yang biasa dibilang kejam sesuai apa yang gue utarakan di atas hehehe.

Semasa perkuliahan beliaupun aktif dalam berorganisasi, mengikuti dua organisasi yaitu SCOLS dan ALUS (organisasi independent jurusan). Beliaupun berkata perbedaan dari kedua organisasi yang ditekuninya tersebut. Apabila SCOLS hanya sebuah media diskusi belajar bersama dengan teman seangkatan, sedangkan ALUS adalah organisasi yang formal serta mencakup luas dalam bidang perpustakaan. Selama di ALUS, pemikiran beliau sering dipakai teman-temannya sebagai pondasi kegiatan disetiap kegiatan organisasi, kebetulan gue pun menjadi temannya semasa di ALUS hingga saat ini. Organisasi dapat membantu menjalankan pelajaran yang telah didapat di dalam kelas menuju dunia nyata, yang terpenting adalah pengaplikasian ilmu perkuliahan. Percuma bila kuliah hanya mengandalkan absen semata, rugi dunia akhirat guys. Mahasiswa tidak akan berkembang bila sebatas di kelas.

Ilmu yang diaplikasikannya terhadap masyarakat kampungnya ketika menikmati masa liburan semester banyak sekali guys !! Dari memberikan sosialisasi kepada pustakawan tingkat MTS keatas, pelatihan aplikasi software otomasi perpustakaan, bahkan hingga menumbuhkan minat baca warga di kampungnya Makassar, Sulsel. Ilmu tidak akan berkurang apabila dibagi dan bahkan mengalir deras dalam lingkup berbagi ilmu yang bermanfaat serta pahala hehe tambahan dari gue kalau yang satu ini. Keluarga beliau bangga terhadapnya dengan bidang perpustakaan dipilih sebagai jalan hidup hingga akhir hayatnya kelak, ketika menjadi mahasiswa saja telah banyak yang diberinya terhadap jurusan dan masayrakat. Sungguh teladan yang sangat baik buat kita dan secara khususnya gue guys hehehehehe.

Beliau berpesan terhadap adek-adek angkatan Ilmu Perpustakaan UIN YK, tekunlah dalam menuntut apa yang anda tuntut karena setelah itu anda akan tetap dituntut (bidang perpustakaan dan lingkupnya). Percaya diri karena masa depan lebih baik dari apa yang anda bayangkan sebelumnya. Demikian pesan beliau kepada gue secara khususnya, menjadi sebuah motivasi tambahan dalam benak gue.

Berikut adalah CP sosial media beliau yang dapat dihubungi:
1. Mukhlis Al-Syakrah (FB)
2. http://mukhlissukapustaka.blogspot.com (BLOG)

Terimakasih telah menyimak ulasan wawancara gue dengan orang sukses yang satu ini guys, sangat bermanfaat secara khususnya kepada gue secara pribadi dan semoga bermanfaat juga terhadap reader sekalian !!
Salam Pustakawan guys !!

2 komentar:

Poskan Komentar